Rabu, 04 Mei 2011

Rangkaian Kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi ke-18 ASEAN dimulai pada Rabu (4/5/2011) ini. Para pejabat tinggi dari negara-negara anggota ASEAN mulai berdatangan pada hari ini. Demikian informasi yang dilansir situs Kementerian Luar Negeri RI. Kemlu mengatakan, tiga prioritas Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2011 akan mewarnai pembahasan dalam KTT ke-18 ASEAN yang akan digelar di Jakarta Convention Center, 7-8 Mei 2011.
Ketiga prioritas tesebut adalah memajukan pencapaian komunitas ASEAN, memelihara tatanan dan situasi di kawasan yang kondusif bagi upaya pencapaian pembangunan, dan menggulirkan visi ASEAN pasca tahun 2015 yang bertumpu pada peran masyarakat ASEAN dalam masyarakat dunia. Indonesia juga akan mendorong agar ASEAN berkembang sebagai organisasi yang bersifat people-centered. Hal ini disampaikan oleh Menlu RI dalam setiap kesempatan menjelang pelaksanaan KTT ke-18 ASEAN.
Mereka akan mengawali kegiatannya melalui Senior Official Prepatory Meeting atau SOM yang akan diselenggarakan pada Kamis (5/5/2011) besok. Dalam pertemuan itu, mereka akan membahas berbagai aspek persiapan Pertemuan Tingkat Menteri dan KTT dari sisi administrasi, outcome document, serta berbagai isu yang perlu perhatian para pemimpin ASEAN.
Di hari yang sama juga akan digelar pertemuan pertama ASEAN-European Union (EU) Business Summit yang akan dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.  
Pertemuan Tingkat Menteri
Sementara itu, pada Jumat (6/05/2011), rangkaian KTT akan dilanjutkan dengan pertemuan di tingkat Menteri, yaitu ASEAN Economic Ministers (AEM), ASEAN Economic Community (AEC) dan ASEAN Political Security Community (APSC) Council, ASEAN Foreign Ministers' Meeting (AMM) dan ASEAN Coordinating Council (ACC). Pembahasan dalam pertemuan di tingkat Menteri akan difokuskan pada perkembangan pelaksanaan cetak biru di bidang politik, keamanan, dan ekonomi.
Adapun, pembahasan pilar sosial dan budaya telah dilaksanakan pekan lalu. Di bidang politik dan keamanan, beberapa fokus bahasan antara lain mengenai perkembangan kerjasama bidang pertahanan, kerjasama penanganan kejahatan lintas negara dan kerjasama bidang hukum. Bidang ini juga akan membahas kerjasama regional dalam menghadapi bencana alam.
Pelaksanaan KTT
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan membuka hari pertama KTT pada 7 Mei 2011. Sejumlah topik yang akan dibicarakan pada tingkat tinggi tersebut diantaranya implementasi Piagam ASEAN, roadmap ASEAN Community, dan Master Plan ASEAN Connectivity. Di hari yang sama, para pemimpin ASEAN juga akan bertemu dengan Parlemen ASEAN (ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) Representatives), wakil-wakil pemuda (Youth Representatives), dan Civil Society organizations (CSOs) Representatives.
Pada hari kedua KTT (8/5/2011), para Pemimpin ASEAN akan kembali bertemu dalam format pertemuan retreat. Usai KTT ASEAN, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan bertemu dengan para pemimpin Brunei Darussalam, Malaysia, Philippines dalam kerangka BIMP-EAGA (Brunei Darussalam - Indonesia - Malaysia - Philippines East ASEAN Growth Area). Presiden Susilo Bambang Yudhoyono diagendakan untuk menyampaikan konferensi pers usai rangkaian pertemuan KTT ASEAN berakhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar